Tips Menyelamatkan Handphone yang Terkena Air

Tips Menyelamatkan Handphone yang Terkena Air - Sobat Komputologi, pernah handphonenya jatuh ke kolam?
Kali ini saya akan berbagi informasi mengenai Tips bagaimana menyelamatkan hp yang terkena air. Langsung saja, pertolongan pertama yang harus dilakukan pada hp yang tercebur ke air adalah sebagai berikut:



1. Jangan panik
Kelihatan sepele kan. Namun hal ini merupakan hal penting karena jika anda panik pasti anda akan bingung apa yang harusnya dilakukan setelah terkena musibah ini. :) Apabila anda tidak panik pasti anda akan berfikir untuk mengambil langkah yang lebih bermanfaat untuk menyelamatkan ponsel anda dibanding dengan hanya meratapi nasib.
2. Lepas atau copot batrainya
Langkah ini merupakan langkah terpenting yang harus dilakukan ketika ponsel anda terkena air seperti kehujanan atau tercebur ke kolam. Melepas baterai harus cepat dilakukan agar melindungi sirkuit-sirkuit yang ada didalamnya dari konsleting. Seperti yang kita ketahui bahwa listrik dapat mengalir melalui air. Jangan lupa lepas juga aksesoris yang melekat seperti cover dan gantungan kunci.
3. Keringkan
Banyak cara yang dapat anda pilih untuk mengeringkan ponsel anda seperti dengan mengelapnya menggunakan handuk atau tisu. Lakukan dengan hati-hati, jangan terlalu banyak menggoyang dan menggerakkan ponsel anda. Usahakan agar partikel dari pengelap tidak tertinggal dalam ponsel.
4. Gunakan Vacum Cleaner, jang Hair Dryer (pengering rambut)
Menggunakan penyedot debu merupakan cara efektif untuk mengeluarkan sisa air yang tertinggal dalam hp anda. Ingat, jangan sekali-kali menggunakan pengering rambut karena berpotensi mendorong sisa air terjerembab jauh ke dalam perangkat.
5. Pendam dalam beras
Terdengar aneh sepertinya. Tapi tidak lagi ketika anda tahu manfaatnya. Metode memendam ponsel yang basah dalam beras sangat berguna karena akan dapat menyerap air yang masih melekat pada ponsel yang basah tadi.Metode ini memerlukan waktu yang cukup lama memang. Saya rekomendasikan untuk memendamnya semalam penuh dalam beras agar benar-benar kering.
6. Harap sabar
Setelah anda melakukan kelima langkah di atas, kini tinggal bersabar saja. Tunggu sampai 24 jam. Jangan terburu-buru menyematkan kembali batrai ke dalam ponsel. Satu hal lagi, jangan terburu-buru membeli ponsel baru karena biasanya dengan cara di atas banyak ponsel yang berhasil terselamatkan.

Nah, itulah tadi tips menyelamatkan hp yang terkena air. Semoga bermanfaat.

Related Posts