Review dan Harga SONY Xperia Miro - Kelebihan dan Kekurangan

Review SONY Xperia Miro - Kelebihan dan Kekurangan

Xperia Miro hadir sebagai pengisi barisan smartphone andalan SONY ditengah-tengah gencarnya pesaingan di sektor ini. Xperia Miro mengisi ruamg antara Xperia Tipo yang berada di level Low-End dan Xperia Go dilevel middle-end. Xperia miro sendiri sebenarnya juga masih berada pada level middle-end, namun pada kisaran harga hampir 2 juta.

Umum
Desain Xperia miro terlihat seperti gabungan antara Xperia Tipo dan Xperia Go. Kebanyakan tipe Xperia Sony memang mengusung desain yang hampir mirip, dengan body berbentuk kotak dengan lekukan khas dibagian belakang dan logo brand XPERIA di bawah layar. SONY menawarkan pilihan warna yang cukup banyak pada Xperia Miro, yaitu hitam, pink, putih + silver, dan putih + Emas. Ukuran body keseluruhannya adalah 113 x 59.4 x 9.9 mm dengan berat 110 gram.

Untuk layarnya, Xperia miro memakai layar 3.5 inci dengan teknologi LED-backlit LCD, capacitive touchscreen yang mendukung 16 Juta Warna dengan resolusi sebesar 320 x 480 pixels. Layar ini memiliki kepadatan pixel sebesar 165 ppi serta mendukung multitouch hingga 2 jari. Layar ini dilindungi oleh Scratch-resistant glass yang tahan gores dan Anti-reflective coating untuk meminimalisir pantulan cahaya matahari.

Tampilan 360 derajat Xperia miro: (Drag untuk memutar, Double klik untuk memutar 360 derajat)


Jaringan, Koneksi dan Internet
Xperia miro mendukung jaringan 2G dan 3G. Kecepatan koneksi internet maksimum yang bisa didapat pada jaringan 3G adalah 7.2 Mbps untuk download dan 5.76 Mbps untuk upload, kecepatan yang dirasa cukup melihat kondisi jaringan yang ada di Indonesia. Fasilitas Wi-Fi, GPS dan bluetooth tentu sudah tersedia di HP ini. Untuk menunjang kenyamanan berselancar di Internet, Sony sudah melengkapi Xperia miro dengan browser berbasis HTML5.

Kinerja
Xperia miro menggunakan prosesor yang sama dengan yang dipakai Xperia Tipo. Chipset Qualcomm MSM7225A dengan CPU Cortex-A5 yang berkecepatan 800 MHz dengan pengolah grafis Adreno 200 dan RAM sebesar 512 MB. Melihat hal ini tentu saja kinerja antara kedua HP tersebut hampir sama. Justru dengan spesifikasi yang lebih tinggi, kemungkinan kinerja Xperia miro mungkin bisa sedikit di bawah Xperia Tipo. Bahkan untuk sistem operasi yang digunakan pun sama, Android v4.0 Ice Cream Sandwich.

Untuk memori penyimpanan, Xperia miro memiliki memori internal yang lebih besar dari Xperia Tipo, yaitu 4 GB (Xperia tipo hanya 2.9 GB). Slot microSD juga tersedia hingga kapasitas 32 GB jika Anda ingin memori yang lebih besar.

Kamera
Produk HP Sony selalu menawarkan kemampuan kamera yang baik. Untuk Xperia Tipo Sendiri, Kamera utama yang ditawarkan adalah sebesar 5 MP dengan autofocus dan LED flash. Sony juga elengkapi Xperia miro dengan kamera sekunder dengan resolusi VGA. Sayangnya, Xperia miro belum mendukung perekaman video dengan resolusi HD, resolusi perekaman video yang ditawarkan hanya beresolusi VGA. Jika melihat produk Sony Ericsson terdahulu, yaitu Xperia mini dan mini pro yang berada pada rentang harga sama, sudah memiliki fitur perekam video dengan resolusi HD. Tentunya ini menjadi kekurangan tersendiri bagi Xperia miro. Ditambah dengan tidak adanya tombol Hardware yang didedikasikan khusus untuk fitur kamera pada Xperia miro tentu saja mengurangi kenyamanan dalam memfoto.

Multimedia
Fitur multimedia Xperia miro sudah cukup baik karena sudah mendukung MP3,eAAC dan WAV player ditambah fitur TrackID music recognition yang menjadi fitur khas HP Sony. Anda juga bisa mendengarkan radio melalui fitur stereo FM radio dengan RDS. Untuk pemutar video, Xperia miro mendukung format MP4, H.263 dan H.264. Sayangnya, Xperia miro tidak mendukung pemutar DivX/XviD.

Harga
Karena Xperia miro merupakan smrtphone middle-end, harga yang ditawarkan berada pada rentang 1 - 2 jutaan. Harga Xperia miro masih berada pada level 1 jutaan, namun hampir menyentuh level 2 juta. Harga yang ditawarkan saat artikel ini ditulis adalah Rp 1.980.000,- . Harga ini di atas harga Xperia tipo dan dibawah Harga Xperia Go. Anda bisa melihat halaman Harga HP Sony untuk mendapat daftar harga lengkapnya.

Kelebihan SONY Xperia Miro:
- Sudah menggunakan OS Android v4.0 Ice Cream Sandwich
- Layar anti gores
- Menggunakan Anti-reflective coating jadi layar tidak silau di bawah sinar matahari
- Harga Kompetitif

Kekurangan SONY Xperia Miro:
- Kualitas Layar menengah
- Tidak ada tombol hardware untuk kamera
- Tidak ada dukungan DivX / XviD
- Seringkali terjadi lag dalam mengakses user interface
- Kualitas Audio biasa-biasa saja

Anda juga bisa melihat spesifikasi lengkap dan Update Harga SONY Xperia Miro melalui tautan berikut:
Spesifikasi lengkap dan Update Harga SONY Xperia Miro

Related Posts