Oppo Find 5 - HP Android Cina berkelas Premium yang lebih kencang dari Nexus 4

HP Cina kini sudah tidak lagi menjadi ponsel kelas kedua. Di awali dengan kesuksesan Huawei dan ZTE di Indonesia dan mulai merambah pasar Eropa, vendor-vendor HP asal Cina kini mulai berani untuk tidak selalu bermain di kelas Low-End, namun juga pada kelas Premium. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran Oppo Find 5 beberapa waktu lalu di tanah air. HP Android Cina dari vendor Oppo yang satu ini merupakan smartphone Android Premium dengan spesifikasi dan fitur-fitur yang tidak bisa dianggap remeh.

Oppo Find 5

Oppo Find 5 - HP Android Cina berkelas Premium yang lebih kencang dari Nexus 4
Oppo Find 5 merupakan HP Android kelas atas dengan desain yang tipis dan elegan serta kemampuan hardware yang sangat mumpuni. Body berukuran 141.8 x 68.8 x 8.9 mm yang dimilikinya merupakan perpaduan warna putih yang dominan dan hitam di sekitar layar. Dengan bobot hanya 165 gram, Oppo Find 5 dibekali dengan layar IPS LCD Capacitive touchscreen sebesar 5 inci. Layar HP Android yang satu ini memiliki resolusi 1080 x 1920 pixels dengan kepadatan pixel 441 ppi. Corning Gorilla Glass 2 melapisi layarnya yang berfungsi sebagai pelindung.

Berikut beberapa foto-foto penampakan Oppo Find 5 yang saya dapatkan dari Kompas.com:






Dapur pacu Oppo Find 5 tidak kalah dengan HP Android premium lainnya. Berbasis sistem operasi Android v4.1 Jelly Bean terbaru, Oppo Find 5 dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon Quad Core 1.5 GHz Krait sebagai inti pemrosesannya. Dibagian pengolah grafis, Oppo Find 5 memakai chip Adreno 320. Dukungan memori RAM juga cukup besar, yaitu 2 GB.

Kejutan Oppo berlanjut di bagian kamera. Kemampuan kamera utamanya sudah bisa disejajarkan dengan Galaxy S4 atau Xperia Z karena memiliki resolusi sebesar 13 MP dengan kemampuan merekam video Full HD 1080p. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur HDR, autofocus dan LED flash. Kamera depan tentu saja tidak ketinggalan disetakan Oppo dengan resolusi sebesar 1.9 MP, cukup baik bila digunakan untuk video chat atau video call.

Oppo Find 5 tidak menyediakan slot microSD atau kartu memori eksternal lainnya. Sebagai gantinya, terdapat 2 versi Oppo Find 5 berdasarkan kapasitas memori internal yang bisa Anda pilih, yaitu 16 GB dan 32 GB.

Sejauh ini saya belum mendapatkan detail kemampuan baterai dari Oppo Find 5 ini. Namun yang jelas, Oppo Find 5 akan memakai baterai Li-Ion 2500 mAh yang bersifat removable alias tidak bisa dicopot.


Tampilan 360 derajat Oppo Find 5:
Drag Untuk memutar gambar, double klik untuk memutar 360 derajat (Browser Anda harus terinstall Flash Player)

Harga HP Oppo Find 5

Dengan spesifikasi yang tidak kalah dengan produk HP Android dan HP Premium lainnya, Oppo Find 5 tentu dijual dengan harga yang tidak murah pula. Anda bisa menikmati fitur-fitur unggulan yang ditawarkan oleh Oppo Find 5 ini dengan merogoh kocek sekitar Rp 5.499.000,- . Harga ini termasuk lebih murah dari produk-produk HP Premium dari vendor besar seperti Samsung, Nokia, Sony dan LG.

Kurang puas dengan review ini? Anda juga bisa melihat detail spesifikasi lengkap produk HP Android dari Oppo ini beserta update harga terbaru melalui tautan berikut:
Spesifikasi Lengkap Oppo Find 5 dan Update Harga


Oppo Find 5 vs LG Nexus 4 Benchmark
Yang cukup mengejutkan, performa yang dihasilkan Oppo Find 5 ini ternyata mampu mengungguli LG Nexus 4. Hal ini dibuktikan melaui bechmark Antutu berikut: (sumber: kompas.com)


Dapat dilihat bahwa dari hasil pengujian, Oppo Find 5 memperoleh skor 19744. Skor ini memang masih dibawah Galaxy S4, namun mampu mengungguli produk-produk ternama seperti Galaxy Note II,  HTC One X+, Galaxy S III bahkan LG Nexus 4. Pengolah grafis Adreno 320 yang diusungnya juga ternyata mampu menjalankan berbagai game berat untuk sistem aplikasi Android dengan mulus. Anda tinggal memilih game apa yang akan Anda jejalkan di Oppo Find 5 ini.

Demikian Review Oppo Find 5, HP Android Cina Kelas Premium dengan spesifikasi tinggi.

Related Posts