Cegah Stress Yang Berlebihan Dengan 8 Metode

Suka Menulis - Cegah Stress Yang Berlebihan Dengan 8 Metode. Masih bersama Sahabat suka menulis yang senantiasa nongkrongin fullreviewhp.blogspot.com, sekarang informasi Cegah Stress Yang Berlebihan Dengan 8 Metode akan memberikan informasi terbaru, semoga bermanfaat.

Cegah Stress Yang Berlebihan Dengan 8 Metode
Cegah Stress Dengan 8 Metode
       Cegah Stress Yang Berlebihan Dengan 8 Metode – Didalam kehidupan ini, pastinya semua orang mempunyai masalahnya masing-masing. Baik itu masalah pribadi atau pun berkaitan dengan hal lain. Namun masalah-masalah yang dialami tersebut dapat berdampak dan menimbulkan stres apabila tidak dihadapi dengan bijak. Stres merupakan suatu kondisi yang terjadi dikarenakan tekanan yang melebihi kemampuan maksimum seseorang secara psikologis sehingga tindakannya menjadi kurang terkontrol secara sehat serta terganggunya sistem metabolisme tubuh sehingga menimbulkan berbagai macam penyakit.

Stres umumnya dapat dikarenakan oleh beberapa hal seperti faktor internal yakni trauma terhadap sesuatu, rasa gelisah atau cemas berlebihan, dll. dan faktor eksternal seperti tuntutan ekonomi dan sosial dll. Untuk menghadapi stres kita membutuhkan mental yang kuat. Sebab lemahnya mental kita itulah yang mengakibatkan stress. Beberapa orang pun tak dapat menyelesaikan dan mengatasi masalahnya karena sedang dalam kondisi stress. Di mana seseorang pada kondisi ini akan sulit untuk berfikir positif dalam memandang segala hal yang dihadapinya. Pada artikel kali ini barwanda akan membagikan tips bagi anda yang sedang mengalami stres. Berikut tipsnya !

Cegah Stress Yang Berlebihan Dengan 8 Metode;


1. Positiv Thingking
Berpikir secara positif merupakan hal utama yang harus ada dalam diri kita agar bisa menghadapi stres. Dengan berpikir positif akan membuat anda merasa tenang dan akan mengurangi sedikit beban yang ada dipikiran anda. Berilah sugesti positif terhadap diri anda sendiri, seperti hal yang menyenangkan yang dapat anda lakukan setelah melakukan pekerjaan yang melelahkan dan berpikir anda pasti bisa melewati kesusahan ini.

2. Relaks sejenak
Kita perlu merasa relaks untuk melemaskan otot syaraf, hal tersebut dapat dilakukan dengan yoga, berdoa, membaca kitab suci, pijat, atau terapi dengan mendengar musik yang menenangkan.

3. Bersikap tegas dan punya prinsip
Kadangkala stress berakibat dari sikap kita yang kurang bisa bersikap tegas dan berani mengatakan “tidak” pada pemintaan orang yang mungkin tidak sanggup kita penuhi. Entah itu dengan alasan, sungkan, malu, dsb. Dan akhirnya, kita merasa terjebak dengan hal tersebut dan merasa tak berdaya, bahkan merasa seperti diperalat orang lain tanpa bisa melakukan perlawanan. Maka, bila kita merasa tidak sanggup menerima permintaan orang lain, cobalah berani mengatakan tidak, tentunya dengan bahasa dan alasan yang sopan agar tak membuat orang lain tersinggung.

4. Jalan-jalan/rekreasi
Cara ini merupakan hal yang jitu untuk mengalahkan stres. Jalan-jalan bersama teman atau keluarga juga bisa menjadi obat stress yang cukup ampuh. Karena pikiran kita akan terpecah dan tak melulu terfokus pada masalah yang melanda. Jadinya, beban stress yang yang menghujani ikiran akan terasa mereda dengan sendirinya.

5. Curhat
Hal ini juga merupakan cara yang mudah untuk menghilangkan stres, jika beban dipikiran yang selama ini selalu menghantui dan meluap didalam pikiran, cobalah untuk menceritakan masalah tersebut kepada orang lain. Mungkin saja orang tersebut dapat membantu atau memberikan semangat untuk anda. Jika anda masih ragu untuk menceritakannya secara nyata kepada orang lain, anda juga dapat  memanfaatkan berbagai media lain untuk berbagi curahan hati anda, seperti menulis di blog ataupun di forum. Untuk anda yang ingin berbagi melalui forum online, anda dapat membagikannya di forum kaskus Heart to Heart, forum tersebut khusus bagi anda yang ingin menulis curhatan.

6. Cukupkan istirahat dan tidur
Menyempatkan waktu untuk istirahat melepas penat adalah sangat penting. Karena otak kita juga butuh istirahat dari pikiran-pikaran yang membebani. Menurut beberapa penelitian,orang yang sering bergadang akan lebih mudah terkena stres dibandingkan yang mempunyai pola tidur yang teratur. Cobalah untuk tidur  yang cukup 8 jam sehari, dan lihat perubahan pada pikiran anda. Selain itu, cobalah bangun lebih awal dan rasakan udara pagi yang segar.

7. Tertawa
Tertawa juga sangat manjur untuk menghilangkan stres, bahkan sudah ada beberapa komunitas tertawa untuk menghilangkan stres. Untuk tahap awal, cobalah dengan membaca buku humor ataupun menonton film komedi.

8. Menyalurkan hobi
Apabila anda mempunyai hobi seperti memancing atau berenang misalnya, segera lakukan hobi tersebut bila stress datang. Supaya bebannya tidak terasa berat.

     
 Suka Menulis | Media Informasi Yang Membuat Orang Suka Menulis.
Demikian mengenai "Cara alami dan mudah dalam mengatasi atau menghadapi stres" Semoga bermanfaat !

Related Posts