Meniup Harmonika

Daripada bingung maungapain dan bersantai lebih baik kita bersiul ria, hehehe.
ambil alat peraga dan mainkan alat peraga ini. Setelah itu letakan bibir brur and sist di Harmonikanya, satu yang perlu di inget, kita mulai dari sebelah kiri ke kanan dengan catatan Semakin besar angka di lobang yang ditiup atau disedot, semakin tinggi not yang dihasilkan.

Setelah itu kita mulai dengan Do Re Mi nya yah....
Lobang Nomer 4 ditiup = Do rendah atau Do awal
Lobang Nomer 4 disedot = Re
Lobang Nomer 5 ditiup = Mi
Lobang Nomer 5 disedot = Fa
Lobang Nomer 6 ditiup = Sol
Lobang Nomer 6 disedot = La
Lobang Nomer 7 disedot = Si
Lobang Nomer 7 ditiup = Do tinggi

Kalo di tabs bakal jadi gini :

4+ 4 5+ 5 6+ 6 7 7+

keterangan : nomer yang diikutin tanda "+" maksudnya ditiup, kalo yang nomer doang itu tandannya disedot.

Usahakan untuk bener-bener tiup satu lobang aja, jangan sampai bocor ke kanan atau ke kiri karena nanti bunyinya jadi double-double.

Tehnik pernafasan : kita pakai pernafasan perut brur... Maksudnya tiup mulut kita niup perut kita kempes, tiap kita sedot perut kita gembung. Banyak pemula yang kadang main asal tiup aja, dan makai pernafasan rongga dada yang jelas bakal niup atau nyedot dengan power yang besar sehingga merusak reeds dari harmonika itu sendiri yang ujung-ujungnya ngerusak.
Jadi harap diingat yah, santai aja mainnya ga usah ngotot dan pakai pernafasan perut oke...

Untuk sementara, hafalin dulu Tangga Nada yang tadi gw kasih di atas plus lancarin itu, kalo sudah lancar dibalik jadi mulai dari Do tinggi alias lobang nomer 7 ditiup jalan ke lobang nomer 4 ditiup. Kalo sudah lancar nanti gw kasih beberapa tabs lagu untuk tahap pemula, caranya Bending yang gampang, dan caranya Tounge Split yang gampang juga tentunya....
dan ketekunan serta kemauan yang berjalan,.. :-)

Related Posts