Lamanya Waktu Pembuatan Film 5cm





Kembali lagi Blog Suka Menulis akan menemani sahabat suka menulis dengan membarikan informasi tentang Lamanya Waktu Pembuatan Film 5cm. Menerjemahkan karya novel ke dalam film sudah dilakukan sejak lama. Meskipun ceritanya sudah ada, pengembangan novel seringkali harus melalui proses panjang dan lama. Novel 5CM contohnya, butuh empat tahun lamanya pengembangan novel ini menjadi film berjudul sama.
"Dari awal saya suka novelnya, tapi hal paling sulit malah bikin skripnya. Karena novelnya panjang. Mesti tarik ulur mana adegan yang dipakai dan dibuang," ujar Sunil Soraya, produser film 5CM, ditemui di syukuran usai syuting film 5CM di kantor Soraya Film, Gondangdia, Menteng, Jakpus, Kamis (25/6).
Untuk mengembangkan novel, Sunil mengangdeng penulis novel Donny Dhirgantoro untuk menulis skenario. "Butuh waktu empat tahun dari awal ide baru sekarang jadi. Saya mau menunggu karena ceritanya beda banget. Lokasi, cerita, dialog semuanya menarik," katanya.
Tarik ulur penulisan naskah skenario juga diakui Donny. "Ini novel pertama dan skenario pertama. Sulit untuk milih adegan. Sempat gebrak-gebrakan meja sama Sunil untuk nentuin mana yang ikut dan yang enggak," tuturnya.
Donny mengaku banyak rumah produksi yang menginginklan novelnya, namun Soraya dipilih karena memenuhi syarat. "Syaratnya harus syuting di Mahameru. Karena sebelumnya ada PH yang mau tapi lokasinya diganti bukit. Saya nggak mau. Sama Soraya ini baru mau klop," katanya.

Related Posts