Review dan Harga BlackBerry Q10 - Smartphone Blackberry 10 dengan kombinasi layar sentuh dan keyboard QWERTY

Setelah resmi mengumumkan perilisan Blackberry 10 pada tanggal 30 januari 2013 lalu, RIM yang sekarang berganti nama menjadi Blackberry merilis dua buah Handphone berbasis Blackberry 10 pertama mereka, yaitu Blackberry Z10 dan Blackberry Q10. Z10 memiliki desain full layar sentuh bagi mereka yang suka dengan navigasi langsung dilayar handphone, sedangkan Q10 memiliki desain khas Blackberry dengan kombinasi keyboard QWERTY dengan layar sentuh. Nah, Kali ini kita akan membahas lebih jauh mengenai smartphone Blackberry Q10 ini. Fitur-fitur dan keunggulannya apa saja yang ditawarkannya? Mari kita simak.
Review dan Harga BlackBerry Q10 - Smartphone Blackberry 10 dengan kombinasi layar sentuh dan keyboard QWERTY

BlackBerry Q10

Review dan Harga BlackBerry Q10 - Smartphone Blackberry 10 dengan kombinasi layar sentuh dan keyboard QWERTY
Blackberry Q10 memiliki desain khas smartphone Blackberry. Dengan keyboard QWERTY yang khas, dipadukan dengan layar sentuh sebesar 3.1 inci dengan resolusi 720 x 720 pixels dan kepadatan pixel 328 ppi. Layarnya sendiri menggunakan teknologi Super Amoled capacitive touchscreen yang mendukung hingga 16 juta warna. Walaupun desainnya tampak seperti smartphone Blackberry terdahulu, namun ada yang sedikit berbeda pada tombol Q10 ini, Anda tidak akan menjumpai Trackpad lagi disana. Blackberry memang tidak menyertakan Trackpad dikarenakan Q10 sudah menggunakan layar sentuh yang sudah cukup baik, jadi pengguna tidak perlu susah-susah memakai trackpad lagi.

Pihak Blackberry juga mengatakan bahwa body smartphone yang memiliki dimensi 119.6 x 66.8 x 10.4 mm dan berat 139 gram ini memakai bahan khusus yang bernama Glass Wave Material. "Bahan ini tidak akan dutemukan pada perangkat lain. Glass Wave Material lebih tipis, ringan dan lebih kuat dari plastik", setidaknya begitulah yang dikatakan CEO Blackberry horsen Heins saat peluncuran Blackberry Q10 di New York, USA, 30 Januari 2013 lalu.

Review dan Harga BlackBerry Q10 - Smartphone Blackberry 10 dengan kombinasi layar sentuh dan keyboard QWERTY
Pada sisi kamera, Blackberry Q10 dilengkapi kamera yang lebih baik dibanding produk-produk Blackberry terdahulu. Kamera utama Q10 memiliki resolusi sebesar 8 MP yang dilengkapi dengan LED flash dan kemampuan melakukan perekaman video full HD 1080p. Kamera depan juga disediakan, namun kami belum mendapat detail mengenai kemampuan kamera depan Q10 ini. Yang jelas, dengan kemampuan kamera yang semakin baik ini, para pecinta Blackberry tentu akan semakin dimanjakan untuk dapat mengabadikan momen-momen berharga dimana saja dan kapan saja.

Selanjutnya, hasil foto, video maupun file-file pribadi Anda lainnya dapat disimpan pada memori internal Blackberry Q10 yang sudah disediakan sebesar 16 GB. Untuk ukuran smartphone kelas High-End, kapasitas sebesar itu masih terbilang wajar. Namun, jika Anda butuh kapasitas ekstra, slot microSD yang mendukung hingga kapasitas 32 GB juga tersedia untuk Anda gunakan.

Sebagai sebuah produk Andalan yang diluncurkan untuk merebut kembali kejayaan Blackberry, Q10 jelas dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni untuk menghasilkan performa maksimal. Dapur pacu smartphone ini dibekali dengan Prosesor Cortex-A9 yang memakai Chipset TI OMAP 4470. Prosesor yang memakai teknologi Dual Core ini memiliki kecepatan clock sebesar 1.5 GHz. Selain itu, pada sisi pengolah grafis, Blackberry Q10 dipersenjatai dengan GPU PowerVR SGX544. Kinerja prosesor ini juga akan mendapat dukungan dari memori RAM yang memiliki kapasitas 2 GB, cukup besar untuk ukuran smartphone high-end saat ini. Semua proses dalam Blackberry Q10 selanjutnya akan berjalan di atas sistem operasi terbaru yang menjadi tumpuan harapan Blackberry, Blackberry OS 10. Dengan spesifikasi seperti ini, Blackberry Q10 diharapkan akan menjadi smartphone yang bisa diandalkan dalam urusan performa, mengingat beberapa produk Blackberry terdahulu memiliki masalah disektor performa ini.

Untuk kemampuan jaringan dan koneksi, Blackberry Q10 tentu saja sudah mendukung jaringan 2G dan 3G. Selain itu, fitur-fitur seperti WiFi, GPS, Bluetooth, bahkan NFC pastinya juga sudah dikemas di dalamnya.

Harga BlackBerry Q10

Karena baru diluncurkan akhir Januari lalu, pihak Blackberry belum mengumumkan kepastian harga untuk perangkat Blackbery 10 terbarunya ini. Kemungkinan, Blackberry Q10 akan menjadi penantang langsung penguasa smartphone high-end saat ini, seperti Apple iPhone 5 dan Samsung Galaxy S III. Belum pasti juga kapan kedua perangkat ini akan hadir di pasaran, khususnya hadir di pasar Indonesia. Namun, menurut kabar yang beredar, Blackberry Q10 dan Z10 akan hadir di pasar Indonesia pada bulan Maret/ April 2013. Kita tunggu saja.

Update: Harga Blackberry Q10 untuk pasar Indonesia mulai ditawarkan pada kisaran harga Rp 7.499.000,-

Spesifikasi BlackBerry Q10

Anda juga bisa melihat Spesifikasi Lengkap dan Update Harga Blackberry Q10 melalui tautan berikut:

Related Posts