Symbian Kini Tinggal Kenangan

Symbian Kini Tinggal Kenangan
Sebenarnya sudah banyak yang menduga bahwa hal ini akan segera datang. Dan sekarang, pernyataan resmi akhirnya dikeluarkan Nokia, bahwa Symbian sudah mati, Nokia tidak akan memproduksi lagi perangkat dengan sistem operasi yang sempat menjadi raja selama beberapa tahun ini. Dengan begitu, otomatis Nokia 808 Pureview menjadi smartphone dengan sistem operasi Symbian terakhir yang masih beredar saat ini.

Berikut kutipan pernyataan Nokia yang dilansir dari The Next Web pada hari Jum'at, 25 januari 2013 lalu: "Saat transisi kami ke platform Windows Phone sepanjang 2012, Nokia terus mengirimkan perangkat berbasis Symbian. Nokia 808 PureView, sebuah perangkat yang menampilkan kemampuan imaging kami dan hadir di pasaran di pertengahan 2012, adalah perangkat Symbian terakhir dari Nokia".

Keputusan Nokia ini memang tidak terlalu mengejutkan mengingat sistem operasi Symbian memang mulai kehilangan kepopulerannya. Ini dibuktikan dengan angka penjualan perangkat berbasis Symbian pada kuartal 4 tahun 2012 yang hanya 2,2 juta unit. Angka ini kalah jauh dari penjualan perangkat seri Asha yang mencapai 9,3 juta dan seri Lumia yang mencapai 4,4 juta.

Dengan langkah yang diambil ini, pastinya Nokia akan lebih fokus pada produk berbasis Windows Phone dan seri Nokia Asha mereka. Untuk para pengguna perangkat berbasis Symbian, sistem operasi ini tentu saja mempunyai kenangan tersendiri karena sempat merajai pasar handphone dari tahun 2001 sampai 2011. Walaupun symbian merupakan produk asli dari Nokia, namun sistem operasi ini juga dipakai beberapa perangkat dari vendor lain, contohnya Sony Ericsson Vivaz.

Nokia 808 Pureview sendiri merupakan produk Symbian yang cukup menghebohkan saat dirilis karena memiliki kamera dengan resolusi yang menakjubkan, yaitu sebesar 41 MP, jauh mengungguli kemampuan kamera smartphone manapun bahkan kamera DSLR yang ada saat ini. Sejauh ini, Nokia belum mengaplikasikan kamera dengan kemampuan seperti itu ke perangkat lain. Namun kabarnya seri Lumia terbaru akan dipersenjatai dengan kemampuan kamera serupa. Kabarnya, seri Lumia yang dinamakan EOS tersebut akan diperkenalkan pada event Mobile World Congress 2013 yang akan digelar di Barcelona pada tanggal 25-28 Februari ini.

Related Posts