Review dan Harga Lenovo A690 - Smartphone Gingerbread Murah, Fitur Tetap Oke

Rasanya, sistem operasi Android lawas besutan Google versi 2.3.6 alias Gingerbread masih belum mati. Hal ini dibuktikan dengan masih banyak smartphone yang mengandalkan Android Gingerbread sebagai sistem operasinya. Khususnya untuk smartphone yang mengincar pangsa pasar entry-level atau smartphone Android dengan harga yang sangat terjangkau. Sebut saja Alcatel Onetouch D662 dan Polytron W1320 yang baru-baru ini dirilis. Dan ternyata tidak hanya mereka, Vendor asal Cina, Lenovo juga ikut meluncurkan produk smartphone Android murah mereka yang berbasis Gingerbread, yaitu Lenovo A690.

Lenovo A690

Review dan Harga Lenovo A690 - Smartphone Gingerbread Terjangkau, Fitur Tetap Oke
Lenovo A690 merupakan smartphone Android dengan harga yang terjangkau. Walaupun begitu, fitur-fitur yang ditawarkannya cukup ciamik dan bisa menggoda para konsumennya. Untuk ukuran smartphone murah, Lenovo A690 sudah mendukung jaringan 2G dan 3G serta memiliki fitur Dual SIM yang semuanya memakai tipe mini SIM. Tersedianya fitur WiFi, Bluetooth dan GPS semakin melengkapi kemampuan koneksi Lenovo A690.

Smartphone yang berdimensi total 124 x 65 x 11 mm dan berat 134 gram ini dibekali dengan layar sentuh TFT capacitive touchscreen yang mendukung 16 juta warna dengan ukuran 4 inci. Resolusi layar yang ditawarkan juga sudah cukup baik, sebesar 480 x 800 pixels dengan kepasatan pixel sebesar 233 ppi.

Dari segi dapur pacu, perangkat yang berjalan di atas sistem operasi Android v2.3.6 Gingerbread ini dikemas dengan prosesor Cortex-A9 yang memiliki kecepatan clock sebesar 1 GHz. Kinerja prosesor ini akan diperkuat dengan kapasitas RAM sebesar 512 MB. Sedangkan untuk pengolah grafisnya dipercayakan pada PowerVR SGX531. Spesifikasi yang cukup baik dan cukup umum dikelasnya.

Untuk keperluan menyimpan data, Lenovo A690 sudah dibekali dengan memori ROM sebesar 512 MB. Memang tidak terlalu besar dan terbilang kurang, namun tentunya Lenovo tidak lupa untuk menambahkan slot microSD yang dapat diisi hingga kapasitas 32 GB untuk menambal kekurangan tersebut.

Fasilitas kamera Lenovo A690 memang tidak terlalu menjanjikan. Dengan kemampuan kamera depan yang hanya 3.15 MP dan dukungan perekaman video dengan resolusi 480p memang tidak terlalu istimewa. Hal ini wajar mengingat Lenovo A690 memang mengincar pasar entry-level dimana masalah harga adalah yang paling penting. Kamera depan sendiri tidak tersedia di Lenovo A690 ini.

Selanjutnya, sebagai sumber tenaga, Lenovo A690 dilengkapi dengan baterai Li-Ion 1500 mAh. Namun kami belum mendapatkan data mengenai detail kemampuan baterai ini.

Harga Lenovo A690

Harga Lenovo A690 termasuk dalam kategori smartphone murah, sehingga Anda tidak perlu merogoh kocek lebih dalam. Dengan fitur yang cukup lengkap, Anda bisa membawa pulang smartphone ini dengan hanya bermodal 1 jutaan. Karena untuk saat artikel ini ditulis, Lenovo A690 dijual pada kisaran harga Rp 1.149.000,- . Cukup terjangkau bukan?

Kelebihan Lenovo A690:
- Sudah mendukung 3G
- Dual SIM
- Harga relatif terjangkau

Kekurangan Lenovo A690:
- Android masih Gingerbread
- ROM hanya 512 MB
- Tidak ada kamera depan

Spesifikasi Lenovo A690

Anda juga bisa melihat Spesifikasi Lengkap dan Update Harga Lenovo A690 melalui tautan berikut:
Spesifikasi Lengkap dan Update Harga Lenovo A690

Related Posts