Review dan Harga Nokia Lumia 620 - Windows Phone 8 Menengah, Kaya Fitur Seru

Nokia semakin gencar untuk memeprkuat jajaran Smartphone berbasis Windows Phone 8 atau yang lebih dikenal sebagai generasi Lumia dengn meluncurkan produk terbarunya, Nokia Lumia 620. Produk ini merupakan ponsel berbasis Windows Phone 8 yang mengincar segmen menengah sebagai target utamanya. Apa saja fitur dan kelebhan yang ditawarkannya? Mari kita simak reviewnya.

Nokia Lumia 620

Review dan Harga Nokia Lumia 620 - Windows Phone 8 Menengah dengan Microsoft Office
Nokia Lumia 620 merupakan smartphone Windows Phone 8 yang memakai micro SIM sebagai SIM standarnya. Desainnya tidak jauh berbeda dengan produk Lumia lainnya. Dengan lengkungan body khas Windows Phone 8 yang memiliki warna-warni yang mencolok. Dengan dimensi total 115.4 x 61.1 x 11 mm dan berat 127 gram, ponsel ini cukup imut, nyaman digenggam serta dibawa bepergian. Lumia 620 memiliki layar sebesar 3.8 inci yang memiliki kepadatan pixel sebesar 246 ppi. Layar TFT capcitive touchscreen yang dimilikinya mampu menghasilkan resolusi sebesar 480 x 800 pixels atau resolusi VGA. Kemampuan layar yang cukup umum dimiliki rata-rata Smartphone sekelasnya. Untuk menunjamg tampilan antarmuka, fitur ClearBack Display turut disematkan pada layar Lumia 620.

Sebagai smartphone kelas menengah, Lumia 620 sudah memiliki kapasitas penyimpanan internal yang cukup besar, yaitu 8 GB. Namun, Nokia tetap menyediakan slot microSD yang mendukung hingga kapasitas 64 GB. Kaspitas ini menyamai smartphone High-End dan jarang dimiliki smartphone menengah pada umumnya.

Fitur kamera Lumia 620 tidak terlalu spesial, dengan kamera utama sebesar 5 MP dan kemampuan mereka video HD 720p serta dukungan kamera depan yang beresolusi VGA. Namun, Nokia memberikan fitur yang cukup menarik pada kamera Lumia 620, yaitu Cinemagraph. Cinemagraph adalah fitur yang menggabungkan gambar bergerak dengan gambar diam. Secara garis besar Cinemagraph adalah sebuah foto, namun ada beberapa bagian dari foto tersebut yang diam dan sebagian lainnya bergerak,  karena itulah cinemagraph juga tidak bisa dibilang sebagai video. Anda bisa mencari info lebih banyak tentang Cinemagraph lewat Google. Melalui fitur ini, Anda dapat membuat kreasi yang tidak biasa dan membaginya ke Facebook, Twitter dan situs-situs lainnya. Selain itu, ada pula fitur Smart Shoot yang sebenarnya saat ini sudah umum dimiliki banyak smartphone. Fitur Smart Shoot akan mengambil beberapa foto sekaligus dan memilih foto yang terbaik.

Lalu bagaimana dengan performanya? Untuk menghasilkan performa yang baik, Nokia membekali Lumia 620 dengan prosesor Snapdragon S4 Dual Core yang memiliki clock speed sebesar 1 GHz. Pada bagian pengolah grafisnya, dipercayakan pada Adreno 305. Sayangnya, Nokia Lumia 620 hanya memiliki memori RAM sebesar 512 MB. Namun, menurut pengalaman beberapa pengguna, sistem Operasi Windows Phone 8 yang menjadi basis smartphone ini cukup hemat memori dan memiliki optimalisasi yang baik, karena itu dapat berjalan mulus dengan hanya RAM sebesar 512 MB.

Baterai Lumia 620 sepertinya juga terlihat kecil jika dibandingkan dengan baterai pada perangkat-perangkat Android. Dengan baterai Li-ion 1300 mAh pasti Anda akan ragu apakah baterai tersebut akan tahan lama. Dan lagi-lagi pengalaman beberapa pengguna menunjukkan bahwa kinerja Windows Phone 8 memang tidak terlalu banyak membebani prosesor, sehingga daya tahan baterai pun akan lebih lama. Hal ini juga diklaim oleh pihak Nokia yang menyatakan bahwa baterai Lumia 620 mampu bertahan pada mode siaga selama 330 jam dan waktu bicara hingga 14 jam(2G) / 9 jam (3G).

Tampilan 360 derajat Nokia Lumia 620:
Drag Untuk memutar gambar, double klik untuk memutar 360 derajat (Browser Anda harus terinstall Flash Player)

Fitur City Lens dan Microsoft Office
Fitur city Lens pada Nokia Lumia 620 cukup menarik karena kita dapat mengetahui informasi suatu tempat dengan hanya mengarahkan kamera pada tempat tersebut. Mirip dengan fitur augmented reality. Namun, saya belum mendapatkan info untuk lokasi-lokasi mana saja di Indonesia yang didukung oleh City Lens ini. Selain itu, seperti perangkat Windows Phone 8 lainnya, fitur microsoft office untuk keperluan membuat dan membuka dokumen, lengkap tersedia di Lumia 620, baik untuk Word, Excel, Outlook dan lainnya.

Harga Lumia 620

Nokia Lumia 620 akan hadir dengan banyak pilihan warna, yaitu Lime green, orange, magenta, yellow, cyan, putih dan hitam. Produk ini termasuk smartphone kelas menengah yang saat ini dijual pada kisaran harga Rp 2.849.000,-

Spesifikasi Nokia Lumia 620

Anda juga bisa melihat Spesifikasi Lengkap dan Update Harga Nokia Lumia 620 melalui tautan berikut:
Spesifikasi Lengkap dan Update Harga Nokia Lumia 620

Related Posts