Review dan Harga Samsung Galaxy Grand I9082 - Dual SIM Berkelas, Layar 5 inci, plus Jelly Bean

Jika bicara tentang ponsel berlayar besar atau yang sering disebut dengan Phablet, Samsung Galaxy Note II tentu masih menjadi primadona dan pilihan utama bagi banyak orang. Memang tidak banyak ponsel layar besar yang diproduksi Samsung, bahkan bisa dibilang Galaxy Note II merupakan satu-satu produk ponsel Samsung yang mengusung layar besar (5.5 inci). Namun, saat ini hal tersebut tidak berlaku lagi karena baru-baru ini Samsung meluncurkan produk terbarunya yang juga memiliki layar besar, yaitu Samsung Galaxy Grand I9082. Walaupun sama-sama memiliki layar besar, namun Galaxy Grand dijual dengan harga middle end yang tentunya jauh lebih murah dari Galaxy Note II. Sehingga bisa menjadi alternatif untuk Anda yang belum bisa memiliki Galaxy Note II.

Samsung Galaxy Grand I9082


Review dan Harga Samsung Galaxy Grand I9082 - Dual SIM Berkelas, Layar 5 inci, plus Jelly Bean

Samsung Galaxy Grand I9082 mengusung layar besar 5 inci, lebih kecil dari galaxy note yang memiliki ukuran 5.5 inci. Selain ukuran latarnya yang lebih kecil, spesifikasi yang ditawarkan juga di bawah Galaxy Note, hal yang wajar karena ponsel ini memang mengincar pasar middle-end atau menengah. Walaupun mengincar pasar menengah, Galaxy Grand dibekali dengan fitur yang tidak umum untuk ponsel kelas ini, yaitu fitur Dual SIM Dual Stand by.  Tentu ini membawa kabar gembira tersendiri untuk pengguna yang suka menggunakan Dual SIM, mengingat fitur Dual SIM cukup langka ditemui di produk-produk middle-end, kecuali untuk produk-produk Lenovo yang sebagian besar produknya berbasis Dual SIM. Versi single SIM juga tersedia, namun belum masuk ke pasar Indonesia.

Galaxy Grand memakai mini SIM di kedua slot kartunya. Tidak semua slot kartu SIMnya mendukung jaringan 3G. Dukungan jaringan 3G hanya diberikan pada slot SIM 1, otomatis slot SIM 2 hanya bisa memakai jaringan 2G.

Kemampuan koneksi Galaxy Grand ini juga dilengkapi dengan tersedianya fasilitas Bluetooth, GPS dan koneksi WiFi.

Menurut kabar, Galaxy Grand tidak dilengkapi dengan layar AMOLED dan saya pun belum mendapat informasi tipe layar apa yang dipakai di Galaxy Grand. Yang jelas layar 5 incinya memiliki resolusi sebesar 480 x 800 pixel dengan kepadatan pixel 187 ppi. Bukan resolusi yang bagus mengingat tren layar HD yang sedang marak saat ini. Tampilan antarmuka sendiri akan memakai antarmuka TouchWiz UI.

Galaxy Grand menyediakan kapasitas penyimpanan internal berupa memori sebesar 8 GB. Cukup besar untuk menampung berbagai file yang Anda butuhkan. Apalagi ditambah dengan slot microSD yang dapat diisi hingga kapasitas 64 GB.

Kamera Samsung Galaxy Grand cukup baik dan dapat diandalkan untuk kebutuhan fotografi Anda sehari-hari. Kamera utama ponsel ini memiliki resolusi sebesar 8 MP dengan fitur autofocus, LED flash, Geo Tagging, image stabilization, touch focus dan smile detection. Kamera ini juga sudah mampu melakukan perekaman video Full HD 1080p. Kamera depan juga tersedia dengan resolusi sebesar 2 MP.

Kekurangan Samsung galaxy Grand mungkin ada di segi dapur pacunya. Hal ini karena Galaxy Grand masih menggunakan prosesor Dual Core dengan clock speed 1.2 GHz. Dengan tren saat ini dimana teknologi Quad Core semakin banyak digunakan apalagi rumor SAmsung Galaxy S IV yang kabarnya menggunakan 8 core, tentu kita berharap lebih terhadap kemampuan prosesor Samsung Galaxy Grand. Kinerja ponsel ini juga akan didukung dengan memori RAM sebesar 1 GB. Untuk pengolah grafisnya, saya sendiri belum mendapatkan informasi. Versi Android terbaru akan menjadi Sistem operasi Galaxy Grand, yaitu Android v4.1.2 Jelly Bean.

Dan Samsung Galaxy Grand akan ditenagai oleh baterai Li-Ion 2100 mAh yang memiliki kemampuan siaga hingga 440 jam dan waktu bicara hingga 10 jam 10 menit.


Tampilan 360 derajat Samsung Galaxy Grand I9082:
Drag Untuk memutar gambar, double klik untuk memutar 360 derajat (Browser Anda harus terinstall Flash Player)

Harga Samsung Galaxy Grand I9082

Sebagai ponsel middle end, Samsung Galaxy Grand ditawarkan pada rentang harga yang lebih mahal, yaitu pada kisaran harga Rp 3.999.000,- . Namun melihat kelebihan fitur yang ditawarkan, seperti Dual SIM dan layar besar yang akan memberi Anda fungsionalitas lebih sebuah ponsel.

Kelebihan Samsung Galaxy Grand I9082

- Layar besar
- Android v4.1.12 Jelly Bean
- Dual SIM Dual Standby

Kekurangan Samsung Galaxy Grand I9082

- Prosesor kurang kuat


Spesifikasi Samsung Galaxy Grand I9082

Anda juga bisa melihat Spesifikasi Lengkap dan Update Harga Samsung Galaxy Grand I9082 melalui tautan berikut:
Spesifikasi Lengkap dan Update Harga Samsung Galaxy Grand I9082

Related Posts