Review dan Harga Sony Xperia Z - Si Tangguh Tahan Air yang berkelas

Baru-baru ini Sony meluncurkan ponsel flagship alias produk Andalannya ke pasar Indonesia, yaitu Sony Xperia Z. Produk ini termasuk kedalam golongan smartphone high-end ini merupakan salah satu pilihan yang menarik bagi Anda pecinta smartphone Android. Bagaimana tidak, selain memiliki desain dan performa yang mengagumkan, ponsel ini juga sanggat tangguh karena dilengkapi dengan kemampuan tahan terhadap air dan debu. Dengan kemampuan dan kelebihan yang diusungnya, Xperia Z siap bersaing dengan produk-produk dari vendor lain untuk memperebutkan simpati masyarakat Indonesia. Lalu seperti apa kelebihan-kelebihan lain yang ditawarkan Xperia Z? Mari kita simak reviewnya.

Sony Xperia Z

Review dan Harga Sony Xperia Z - Si Tangguh Tahan Air yang berkelas
Xperia Z di desain dengan bentuk khas ponsel Sony. Jika melihat tampilannya sekilas, orang-orang akan langsung bisa menebak bahwa ponsel ini merupakan produk Sony. Bahan yang digunakan untuk body bagian depan dan belakangnya adalah tempered glass. Penggunaan bahan kaca memang sudah banyak dipakai produk-produk sebelumnya, contohnya seperti Nexus 4. Body Xperia Z memang terlihat kokoh karena tidak didominasi bahan plastik. Bahkan rangka Xperia Z terbuat dari Poliamida yang biasa digunakan sebagai pengganti besi pada suku cadang mobil.

Ukuran Xperia Z memang cukup besar. Dengan dimensi body keseluruhan 139 x 71 x 7.9 mm dan berat 146 gram. Pada body ini tersemat layar sebesar 5 inci dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels. Kepadatan pixelnya sendiri adalah sebesar 441 ppi. Dengan resolusi yang besar, kepadatan pixel yang baik, serta ditambah dengan fitur Sony Bravia Engine 2, layar Xperia Z akan menghasilkan ketajaman dan kejernihan gambar yang sangat baik untuk dapat dinikmati pengguna.

Sony Xperia Z sudah memiliki IP57 certified - dust and water resistant, yang artinya ponsel ini memiliki ketahanan terhadap debu serta dapat bertahan terhadap air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Fitur ini memang seolah menjadi identitas dari Xperia Z dan cocok untuk Anda yang sering beraktifitas di luar ruangan. Anda dapat beraktifitas dengan lebih bebas tanpa khawatir ponsel Anda akan terkena debu dan air. Bahkan, jika Xperia Z kotor Anda bisa mengguyurnya dengan air untuk mencucinya.

Xperia Z juga menyediakan versi yang mendukung teknologi 4G LTE, yaitu tipe 6603. Tentunya dengan kisaran harga yang sedikit lebih mahal.

Beralih ke media penyimpanan, Sony menyediakan memori internal sebesar 16 GB pada Xperia Z. Walaupun memori internal sudah cukup besar, namun slot microSD tetap tersedia dan dapat Anda isi hingga kapasitas 32 GB.

Sebagai produk smartphone high-end, Xperia Z juga didukung dengan fasilitas kamera terbaik yang ada saat ini. Kamera utamanya memiliki resolusi 13 MP dengan LED flash. Penggunaan sensor Exmor RS membuat kamera Xperia Z dapat menghasilkan kualitas gambar yang baik bahkan dalam kondisi cahaya yang minim. Kamera utamanya juga mampu melakukan perekaman video full HD 1080p  dengan kecepatan 30 fps. Fasilitas perekaman video ini dilengkapi dengan video stabilizer untuk mengurangi guncangan saat merekam. Dan bukan hanya kamera belakang, kamera depan pun memiliki kemampuan merekam video 1080p. Untuk resolusi kamera depan sendiri adalah sebesar 2.2 MP.

Dan urusan performa pastinya juga menjadi faktor yang sangat penting untuk sebuah ponsel high-end. Untuk sektor ini, Sony melakukan langkah yang sangat baik karena membekali Xperia Z dengan prosesor Snapdragon S4 Pro Quad Core 1.5 GHz Krait yang akan menghasilkan performa maksimal bagi para penggunanya. Kinerja prosesor ini akan dipasangkan dengan RAM sebesar 2 GB, cukup besar untuk ukuran smartphone high-end saat ini. Pengolah grafis dipercayakan pada Adreno 320 dan untuk sistem operasinya, Xperia Z menggunakan Android v4.1.2 Jelly bean terbaru yang bahkan dapat Anda upgrade ke versi Jelly Bean 4.2. Dengan spesifikasi seperti ini, ternyata Xperia Z mampu mengungguli Nexus 4 dan berada tidak terlalu jauh dari Galaxy S IV. Berikut chart benchmark Xperia Z menggunakan AnTuTu dan Quadrant seperti dilansir dari Chip.com

Benchmark Sony Xperia Z
Review dan Harga Sony Xperia Z - Si Tangguh Tahan Air yang berkelas
AnTuTu memberi skor 20.395 untuk Xperia Z, yang membuatnya berada di bawah Galaxy S IV dan di atas Google Nexus 4. Sementara Quadrant memberi skor 8119 yang membuatnya berada di atas HTC One X.

Baterai Xperia Z merupakan tipe non-removable alis tidak bisa dilepas. Ponsel ini sendiri memiliki aplikasi manajemen daya baterai, contohnya mode stamina yang diklaim mampu menghasilkan waktu siaga 4 kali lebih lama. Berdasarkan data yang saya dapat, Xperia Z menggunakan baterai Li-Ion 2330 mAh yang memiliki kemampuan waktu siaga hingga 550 jam (2G)/ 530 jam (3G), waktu bicara selama hingga 11 jam (2G)/ 14 jam (3G) dan kemampuan untuk memutar musik selama 40 jam terus menerus.

Tampilan 360 derajat Sony Xperia Z:
Drag Untuk memutar gambar, double klik untuk memutar 360 derajat (Browser Anda harus terinstall Flash Player)

Harga Sony Xperia Z

Kabarnya, Sony Xperia Z akan hadir dalam tiga pilihan warna, Hitam, putih dan ungu. Dengan spesifikasi tinggi yang ditawarkan serta ketahan terhadap debu dan air yang menjadi kelebihannya, tentu Xperia Z dijual dengan harga yang tidaklah murah. Diusung untuk menghadapi produk premium dari vendor lainnya, Xperia Z dilepas ke pasar Indonesia pada kisaran harga Rp 5.925.000,-. Sedangkan untuk yang versi 4G LTE, dijual dengan kisaran harga lebih mahal, yaitu Rp 6.225.000,- . Harga yang tidak murah, namun sebanding dengan apa yang akan Anda dapatkan.

Kelebihan Sony Xperia Z

- Performa memuaskan
- Tahan debu dan Air
- Kamera bagus
- Layar jernih dan tajam
- Body kokoh dan terkesan mewah

Kekurangan Sony Xperia Z

- Bodynya yang besar mungkin kurang nyaman bagi sebagian orang
- Layar sentuh tidak berfungsi saat di dalam air
- Tidak tersedianya tombol shutter fisik membuat Xperia Z tidak bisa memfoto didalam air, kecuali menggunaka fitur timer.

Spesifikasi Sony Xperia Z

Anda juga bisa melihat Spesifikasi Lengkap dan Update Harga Sony Xperia Z melalui tautan berikut:
Spesifikasi Lengkap dan Update Harga Sony Xperia Z

Related Posts