Perngertian dan Perbedaan iPhone versi FU dan SU

Mungkin hal ini sering ditanyakan oleh orang-orang yang baru menggunakan atau mengenal iPhone. Untuk Anda tahu, jika Anda berniat membeli perangkat besutan Apple ini, ada baiknya Anda memahami dua buah tipe iPhone, yaitu versi FU dan versi SU. Dengan memahami kedua istilah ini, Anda dapt mengambil keputusan yang tepat mengenai versi mana yang akan Anda miliki.

iPhone versi FU dan SU

Perngertian dan Perbedaan iPhone versi FU dan SU

Sebelum beranjak lebih jauh, sebenarnya apa arti dari FU dan SU. Sebenarnya kedua buah istilah tersebut merupakan singkatan, FU merupakan singkatan dari Factory Unlocked, sedangkan SU adalah Software Unlocked. Lalu apa perbedaan dari iPhone FU dan SU tersebut?

iPhone versi Factory Unlocked adalah iPhone yang dapat menggunakan kartu SIM dari operator manapun di seluruh dunia. Contohnya untuk di Indonesia, Anda bisa bebas gonta-ganti kartu SIM dari Telkomsel, Indosat, XL, Axis, 3, dan lain-lain.

iPhone versi Software Unlocked adalah iPhone yang tadinya hanya bisa menggunakan kartu SIM dari satu operator saja, namun karena sudah di-Unlock menggunakan software tertentu, iPhone tersebut jadi bisa menggunakan kartu SIM dari operator lain seperti versi FU. Kelemahan versi SU ini adalah jika Anda mengupdate sistem operasinya, maka iPhone akan ter-Lock kembali alias hanya bisa menggunakan kartu SIM dari satu operator, dan Anda harus melakukan proses Unlock kembali.

Melihat penjelasan di atas, tentu iPhone versi FU menawarkan kemudahan yang lebih baik, namun iPhone versi SU juga punya kelebihan, yaitu harganya lebih murah dari versi FU.

Bagaimana cara membedakan iPhone versi FU dan SU?
Jika dilihat secara fisik, tidak ada perbedaan dari iPhone versi FU dan SU. Sebaiknya ditanyakan ke penjualnya langsung dan dicoba menggunakan beberapa kartu SIM. Ada juga yang mengatakan dengan mengecek IMEI iPhone tersebut melalui website-website yang menyediakan jasa cek versi iPhone. Mungkin nanti akan saya update info lebih lanjut mengenai hal ini.

Versi iPhone mana yang cocok untuk saya?
Hal ini kembali pada Anda, apakah Anda ingin memiliki iPhone dengan harga lebih murah namun lebih repot, atau bersedia membayar lebih mahal demi kemudahan? Untuk mempermudah Anda, saya akan memberi sedikit saran: Jika Anda agak Gaptek, beli saja iPhone versi FU.

Bisa tidak iPhone versi SU dirubah jadi FU
Jawabannya bisa, tapi butuh biaya dan saya belum tahu caranya, mungkin nanti kalau ketemu caranya akan saya share disini.

Related Posts