Review Sony Xperia ZL - Perbedaan Xperia ZL dan Xperia Z

Belum lama ini Sony telah meluncurkan produk flagship alias andalannya yang cukup fenomenal ke pasaran, yaitu Xperia Z yang didesain memiliki spesifikasi tinggi dan kemampuan tahan air. Beberapa saat setelah peluncurannya, ternyata Sony kembali meluncurkan produk yang hampir serupa, baik spesifikasi maupun namnya, yaitu Sony Xperia ZL. Tidak kalah dengan Xperia Z, Xperia ZL juga memiliki spesifikasi hardware yang mumpuni. Namun berbeda dari saudaranya, Xperia ZL tidak dibekali fitur tahan air dan debu yang merupakan fitur andalan Xperia Z. Lalu apa saja persamaan dan perbedaan Xperia Z dengan Xperia ZL?

Sony Xperia ZL

Review Sony Xperia ZL - Kembaran Xperia Z tanpa fitur tahan air
Seperti kembarannya, Xperia ZL merupakan produk smartphone high end yang memiliki dukungan jaringan lengkap. Mulai dari jaringan 2G, 3G bahkan 4G sebenarnya sudah didukung oleh perangkat ini, namun seperti kebanyakan produk lainnya, dukungan jaringan 4G dihilangkan untuk pasar Indonesia. Hal ini pastinya melihat ketersediaan jaringan 4G yang belum ada di tanah air kita ini.

Xperia ZL sudah dibekali dengan layar TFT beresolusi tinggi. Layar berukuran 5 incinya memiliki resolusi sebesar 1080 x 1920 pixels dengan kepadatan pixel 441 ppi. Untuk menambah ketajaman dan kejernihan layar, fitur Mobile Bravia Engine tidak lupa disematkan. Layar sentuhnya sendiri mendukung multitouch hingga 10 jari serta memiiki Shatter proof and scratch-resistant glass sebagai pelindungnya.

Dapur pacu Xperia ZL juga sama dengan Xperia Z. Dengan dibekali prosesor Quad Core 1.5 GHz Krait pastinya akan menghasilkan performa yang sangat baik untuk menjalankan berbagai aplikasi maupun game favorit Anda. Apalagi dengan dukungan memori RAM sebesar 2 GB dan pengolah grafis Adreno 320, yang akan memastikan Android Jelly Bean dapat berjalan mulus tanpa hambatan. Sony juga menyediakan update untuk sistem operasi Android Jelly Bean ke versi 4.2.

Fitur kamera Xperia ZL mampu menghasilkan foto resolusi tinggi dengan sensor sebesar 13 MP dengan tambahan LED flash. Kamera depan pun tersedia dengan resolusi sebesar 2 MP. Baik kamera depan maupun belakangnya sama-sama memiliki kemampuan untuk melakukan perekaman video FULL HD 1080p yang dilengkapi dengan video stabilization.

Untuk kebutuhan penyimpanan data Xperia ZL yang kemungkinan cukup besar, Sony sudah menyiapkan memori internal sebesar 16 GB ditambah dengan slot microSD yang dapat diisi hingga kapasitas 64 GB.

Perbedaan Xperia ZL dan Xperia Z

Beberapa perbedaan dari kedua buah saudara kembar dari Sony ini dapat Anda lihat di artikel berikut:

Dari segi ukuran terdapat perbedaan antara Xperia Z dan Xperia ZL. Xperia Z memiliki ukuran yang lebih panjang, lebih lebar, lebih tipis dan lebih ringan. Ukuran body Xperia Z adalah 139 x 71 x 7.9 mm dengan berat 146 gram, sedangkan Xperia ZL berukuran 131.6 x 69.3 x 9.8 mm dengan berat 151 gram.

Material body kedua smartphone ini juga berbeda, dengan dihilangkannya fitur tahan air dan debu pada Xperia ZL. Otomatis bodynya tidak berbahan kaca seperti Xperia Z, melainkan berbahan plastik yang agak cembung.

Namun, ada beberapa fitur Xperia ZL yang tidak dimiliki Xperia Z, yaitu fitur infra merah/IrDA yang memungkinkan Xperia ZL untuk dapat menjadi remote control bagi Televisi, DVD Player serta perangkat lain yang mendukung infra merah.

Perbedaan juga terlihat pada kapasitas baterai. tercatat, baterai Xperia ZL lebih besar kapasitasnya, yaitu 2370 mAh dibanding Xperia Z yang hanya 2330 mAh.

Pilihan warna yang tersedia pada pilihan kedua smartphone ini juga berbeda, Xperia ZL tersedia dalam pilihan warna hitam, putih, dan ungu, sedangkan Xperia Z hanya tersedia dalam pilihan warna hitam dan putih saja.

Perbedaan yang terakhir pastinya masalah harga. Dengan fitur anti air dan debu yang diusung Xperia Z, membuatnya dijual dengan harga yang lebih mahal dari Xperia Z.

Harga Xperia ZL

Seperti telah disebutkan sebelumnya, Xperia ZL dijual dengan harga yang lebih murah dari Xperia Z. Update harga terakhir yang saya dapat, Xperia ZL dijual pada kisaran harga Rp 6.645.000,- . Update harga terbaru dapat selalu Anda ikuti melalui tautan update harga di bagian paling bawah artikel ini.

Spesifikasi Sony Xperia ZL dan Update Harga

Anda juga bisa melihat Spesifikasi Lengkap dan Update Harga Sony Xperia ZL melalui tautan berikut: Spesifikasi Lengkap dan Update Harga Sony Xperia ZL

Related Posts