Samsung I9500 Galaxy S4 - Harga, Spesifikasi, kelebihan dan kekurangannya

Samsung telah meluncurkan produk smartphone Andalan atau Flagshipnya yang terbaru, Samsung Galaxy S4. Mengusung prosesor yang sangat kencang dibanding kompetitor lainnya saat ini, pastinya smartphone Android kelas atas ini bakal mampu menghadirkan performa yang luar biasa bagi para penggunanya. Walaupun bahan dasar casingnya tetap menggunakan plastik dan desain body yang tidak jauh berbeda dari versi Galaxy S3, tampaknya spesifikasi tinggi dan fitur-fitur yang melimpah, tetap membuat Samsung Galaxy S4 menjadi pilihan menarik para pecinta gadget.

Samsung I9500 Galaxy S4 - Spesifikasi dan Harga HP

Sebenarnya, ada dua buah tipe Samsung Galaxy S4 yang beredar di pasar smartphone dunia, yaitu versi I9500 dan I9505. Perbedaannya adalah, versi I9500 menggunakan prosesor Exynos 5 Octa 5410 Quad-core 1.6 GHz Cortex-A15 + quad-core 1.2 GHz Cortex-A7, dan versi inilah yang hadir di Indonesia. Sedangkan versi I9505 menggunakan Snapdragon 600 Quad-core 1.9 GHz Krait 300.

Dengan prosesor Exynos 5 Octa 5410 yang memiliki total 8 core, performa yang dihasilkan pastinya sangat memuaskan. Hal ini didukung dengan pemroses grafis PowerVR SGX 544MP3 dan RAM sebesar 2 GB, jelas berbagai macam aplikasi game kelas berat dapat berjalan lancar di atas sistem operasi Android v4.2.2 Jelly Bean Terbaru.

Tampilan 360 derajat Samsung I9500 Galaxy S4:
Drag Untuk memutar gambar, double klik untuk memutar 360 derajat (Browser Anda harus terinstall Flash Player)


Berdasarkan hasil uji Bechmarking yang saya kutip dari situs Chip.co.id, Samsung Galaxy S4 versi I9500 memiliki hasil yang sangat memuaskan.

Berdasarkan benchmarking dengan aplikasi AnTuTu, Galaxy S4 mendapatkan skor 26.000, hampir mencapai 28.000. Skor ini cukup menakjubkan, dengan prosesor yang kuat, pengolah grafis handal dan layar 5 inci beresolusi 1080 x 1920 pixels yang kerapatan pixelnya 441 ppi, rasanya Anda tidak perlu khawatir dengan performa smartphone Android satu ini.



Selain AnTuTu, ada juga hasil benchmark yang menggunakan apliaksi Quadrant. Lagi-lagi, Samsung Galaxy S4 mendapatkan skor yang tinggi, yaitu 12.481. Skor ini hampir sama dengan produk HTC One dan jauh mengungguli Oppo Find 5, bahkan hampir dua kali lipatnya.



Samsung menyediakan slot microSD yang bisa diisi hingga kapasitas 64 GB untuk media penyimpanan eksternal. Disamping itu, ada memori internal 16, 32, atau 64 GB yang bisa Anda pilih. Untuk pasar Indonesia sendiri, Samsung menyediakan 16 GB memori internal.

Kamera Samsung Galaxy S4 juga sangat baik. Dengan resolusi 13 MP pada kamera utama dan kamera depan 2 MP kualitas foto yang bisa dihasilkan tentu tidak diragukan lagi. Selain itu, baik kamera depan maupun belakangnya dapat melakukan perekaman video beresolusi FULL HD 1080p. Terdapat berbagai macam fitur pintar di kamera Galaxy S4 ini. Antara lain:

Sports, yang berfungsi untuk pengambilan gambar bergerak agar tidak blur
Beauty, yang bisa membersihkan hasil foto wajah seperti photoshop
Eraser, yang memungkinkan kita untuk menghapus beberapa objek yang tidak diinginkan dalam foto yang kita ambil. Misalnya saat sedang foto sendiri, tiba-tiba ada orang yang lewat, nah kita dapat menghapus gambar orang ini dari foto dengan pengambilan gambar secara cepat sebanyak 5 kali.
Best Face dan Best Foto, yang bisa memberi Anda saran hasil foto mana yang terbaik dari beberapa foto yang diambil.
Drama Shot, yang dapat menggabungkan foto sebuah objek secara berurutan dengan latar belakang yang sama. Misalnya ingin membuat foto seolah-olah kita memiliki kembaran, dll.
Dual Shot, mengambil gambar dengan 2 kamera sekaligus
Sound Shot, mengambil foto sekaligus merekam suara selama 9 detik

Namun, secanggih-canggihnya produk pastinya juga memiliki kelemahan. Berdasarkan pengalaman beberapa pengguna. Samsung Galaxy S4 termasuk smartphone Android yang cepat panas dan baetrainya cepat drop. Selain itu, saat menjalankan beberapa aplikasi tertentu, smartphone ini sempat hang dan restart sendiri. Sepertinya Galaxy S4 belum benar-benar siap untuk menggunakan prosesor Octa Core. Namun, ada solusi untuk mengatasi hal ini, yaitu mengupdate sistem operasi Android yang dipakai. Menurut beberapa sumber, cara ini ampuh untuk mengatasi masalah di atas.

Untuk harga, saat ini harga Samsung Galaxy S4 di tawarkan pada kisaran harga Rp 7.145.000,- untuk produk baru dan Rp 6.850.000,- untuk produk bekas.

Kelebihan Samsung Galaxy S4:
- Prosesor Kuat
- RAM 2 GB
- Android v4.2.2 Jelly Bean Terbaru
- Fitur Melimpah
- Kamera bagus
- Layar tajam dan jernih

Kekurangan Samsung Galaxy S4:
- Tidak adanya power saving membuat baterai cepat habis dan ponsel cepat panas
- Hang dan restart  saat menjalankan aplikasi tertentu
- Namun kedua kekurangan tersebut dapat di atasi dengan update sistem operasi terbaru

Spesifikasi lengkap dan update harga bisa Anda lihat disini:
Samsung I9500 Galaxy S4 - Spesifikasi Lengkap dan Update Harga

Demikian liputan tentang Samsung I9500 Galaxy S4 beserta info harga serta kelebihan dan kekurangannya.

Related Posts