Bagaimana Angin Topan Terjadi ?

Suka Menulis - Sahabat Suka Menulis yang masih suka nimbrung di blog ini, informasi kali ini akan saya hadirkan mengenai Bagaimana Angin Topan Terjadi ?, nah penasaran kan, silahkan simak terus informasi - informasi hanya di fullreviewhp.blogspot.com.


Bagaimana Angin Topan Terjadi ?
Udara yang bergerak atau mengalir disebut angin, untuk menggerakkan udara diperlukan energi atau tenaga. angin timbul karena adanya energi yang berasal dari sinar matahari. Angin terjadi apabila ada perbedaan tekanan udara di dua tempat. Angin mengalir dari tempat yang bertekanan udara tinggi ketempat yang bertekana rendah. Kecepatan angin dapat diketahui menggunakan alat yang disebut ANEMOMETR.

Angin Topan 
Angin topan adalah pusaran angin kencang dengan kecepatan angin 120 km/jam atau lebih yang sering terjadi di wilayah tropis di antara garis balik utara dan selatan, kecuali di daerah-daerah yang sangat berdekatan dengan khatulistiwa. Angin topan disebabkan oleh perbedaan tekanan dalam suatu sistem cuaca.Angin paling kencang yang terjadi di daerah tropis ini umumnya berpusar dengan radius ratusan kilometer di sekitar daerah sistem tekanan rendah yang ekstrem dengan kecepatan sekitar 20 Km/jam.

Selain yang kita tahu bahawasannya angin topan itu sangat berbahaya bagi kita dan kehidupan kita sehari - hari, dinegara kita juga dikenal beberapa angin yang merugikan antaralain;
  • Angin Brubu terjadi di Makassar 
  • Angin Gending terjadi di Pasuruan dan Purbolinggo 
  • Angin Kumbang terjadi di Tegal dan Cirebon 
  • Angin Bohorok terjadi di Deli, Sumatra Utra
Suka Menulis | Informasi Yang Membuat Seseorang Lebih Suka Menulis
Demikian informasi mengenai Bagaimana Angin Topan Terjadi ?, semoga bermanfaat. 

Related Posts