Review dan Harga Sony Xperia V - Smartphone Android Tahan Air dan Debu serta Mendukung LTE

Baru-baru ini, pasar smartphone Indonesia diserbu oleh kedatangan produk-produk dari SONY. Tidak tanggung-tanggung, SONY langsung menghadirkan tiga buah produknya untuk meramaikan pasar smartphone di Indonesia. Setelah sebelumnya ada Xperia Ion yang mendukung LTE dan Xperia Go yang memiliki kemampuan tahan air, kini SONY menghadirkan produk gabungan dari keduanya, dialah Xperia V.

Sony Xperia V

Review dan Harga Sony Xperia V - Smartphone Android Tahan Air dan Debu serta Mendukung LTE
Xperia V memang merupakan smartphone yang dibekali kemampuan spesial, sudah mendukung jaringan 4G LTE dan memiliki kemampuan tahan air. Selain itu fitur-fitur yang dihadirkan oleh smartphone ini juga memiliki kualitas jempolan. Hal ini sesuai dengan segmen pasar Premium yang diincar SONY melalui produk Xperia V. Lalu apa saja fitur-fitur lain yang ditawarkan? Mari kita simak reviewnya.

Xperia V dibalut dengan body berbentuk kotak khas SONY. Dimensi total smartphone ini adalah 129 x65 x 10.7 mm dengan berat 120 gram. Seperti telah disebutkan sebelumnya, smartphone ini sudah mendukung jaringan LTE. Berkat IP57 Certified yang dimilikinya, Xperia V mampu bertahan terhadap debu dan air pada kedalaman hingga 1 m selama 30 menit.

Teknologi layar Xperia V terbilang sangat baik. Dengan TFT Capacitive touchscreen yang mendukung 16 juta warna, layar sebesar 4.3 inci yang disematkan pada HP ini dapat menghasilkan resolusi 720 x 1280 pixels dengan kepadatan pixel 342 ppi. Untuk mempertajam tampilan layar, SONY menambahkan fitur BRAVIA Engine 2 seperti yang  mereka gunakan pada produk-produk TV. Untuk melengkapi ketangguhannya, layar Xperia V dilengkapi dengan pelindung Scratch-resistant glass, sehingga Anda tidak perlu khawatir layar tersebut akan tergores.

Melompat ke dapur pacu, Xperia V dibekali dengan prosesor Qualcomm MSM8960 Snapdragon Dual Core yang memiliki kecepatan 1.5 GHz. Prosesor ini selanjutnya kan didukung dengan memori RAM berkapasitas 1 GB. Sebagai pengolah grafis, Xperia V dilengkapi dengan Adreno 225. Dengan spesifikasi seperti ini, Xperia V dapat menghadirkan performa yang baik saat Anda menjalankan berbagai macam aplikasi dan game favorit di atas sistem operasi Android v4.0.4 Ice Cream Sandwich yang diusungnya. Masih ICS? Jangan khawatir, karena Anda dapat mengupgradenya ke versi Android v4.1 Jelly Bean. Walaupun rasanya, prosesor Dual Core dan RAM 1 GB terasa masih kurang menggigit untuk ukuran smartphone premium saat ini.

Fitur paling mencolok Xperia V adalah pada kemampuan kameranya. SONY memang dikenal tidak tanggung-tanggung untuk memberi spesifikasi maksimal pada fitur kamera smartphonenya. Kamera utama Xperia V tergolong memiliki kemampuan lebih dari rata-rata smartphone High End saat ini. Dengan resolusi sebesar 13 MP dan kemampuan perekaman video Full HD 1080p membuat Xperia V sangat menyenangkan saat dipakai untuk mengabadikan momen-momen berharga Anda karena dapat menghasilkan foto dan video berkualitas tinggi. Namun, untuk kamera depannya, resolusi yang ditawarkan hanya sebatas VGA.

Dengan reolusi kamera yang besar, tentunya ukuran file hasil foto atau video akan semakin besar pula. Untuk hal ini, SONY sudah membekali Xperia V dengan memori internal sebesar 8 GB. Sebenarnya, menurut saya   kapasitas 8 GB terhitung kurang untuk mengakomodir semua keperluan file Anda, apalagi dengan kemampuan kamera yang dimiliki Xperia V. Untuk itu, SONY juga menyediakan slot microSD yang dapat Anda manfaatkan dengan kapasitas penyimpanan hingga 32 GB.

Dan sebagai sumber tenaganya, Xperia V dibekali dengan baterai Li-Ion 1750 mAh. Sepertinya baterai ini agak kecil untuk ukuran smartphone premium. Namun dari data yang saya dapat, baterai ini memiliki kemampuan waktu siaga hingga 400 jam dan waktu bicara hingga 7 jam. Selain itu, Anda juga dapat memutar musik secara terus menerus selama 18 jam.

Tampilan 360 derajat Sony Xperia V:
Drag Untuk memutar gambar, double klik untuk memutar 360 derajat (Browser Anda harus terinstall Flash Player)

Harga Xperia V

Xperia V akan hadir dalam tiga pilihan warna, Hitam, Putih dan Pink. Walaupun hadir sebagai sebuah smartphone premium, Xperia V cenderung masih dalam kategori Atas-Menengah, sehingga harga yang ditawarkan pun agak lebih murah dari produk-produk premium seperti HTC Butterfly misalnya. Saat artikel ini ditulis, Xperia V dijual pada kisaran harga Rp 5.299.000,-

Kelebihan Xperia V:
- Android ICS bisa diupgrade ke Jelly Bean
- Tahan air dan debu
- Sudah mendukung LTE

Kekurangan Xperia V:
- RAM hanya 1 GB
- Baterai kurang kuat
- Prosesor masih Dual Core

Spesifikasi Sony Xperia V

Anda juga bisa melihat Spesifikasi Lengkap dan Update Harga Xperia V melalu tautan berikut:
Spesifikasi Lengkap dan Update Harga Xperia V

Related Posts